21 Mar 2010

Ujian Nasional ( UN )

Ada sekitar 6 juta lebih siswa SMU, MA, MAK, SMK dan yang sederajat mengikuti ujian nasional (UN). Ujian ini serentak diadakan hari ini sampai enam hari kedepan (22-28 maret) dengan enam materi pelajaran, standart nilai yang dipatok minimal 5,50.

Ujian penentuan lulusan siswa ini mengalami 4 kali perubahan dalam sejarah nasional, pada era tahun 60-an lulusan siswa ditentukan sepenuhnya oleh Negara, tahun 1971 - 1982 lulusan siswa ditentukan sepenuhnya oleh sekolah atau madrasah, tahun 1982 - 2002 mengalami perubahan campuran atau gado-gado yakni lulusan siswa ditentukan oleh negara dan sekolah yang terkenal dengan istilah EBTANAS dengan DANEM-nya itu dan pada tahun 2002 sampai sekarang berubah menjadi Ujian Nasional (UN) dengan menggunakan standart nilai minimal, Anda termasuk ikut yang mana?... standart nilai minimal inipun juga terus mengalami peningkatan, siswa yang mendapatkan nilai dibawah standart nilai minimal yang telah ditentukan pasti tidak akan lulus, inilah yang menjadi momok siswa dan orang tuapun diubuat pusing tujuh keliling, masalah ujian nasional ini sampai sekarang debateble.

Terlepas pro dan kontra, ujian nasional jangan dijadikan acuan dan ukuran keberhasilan untuk semuanya, masyarakat kita masih punya stigma yang salah bahwa siswa yang lulus ujian formal dianggap sukses dan siswa yang tidak lulus ujian formal dianggap tidak sukses dan gagal dalam hidupnya, tidak demikian. Lulus ujian nasional bahkan lulus ujian doktorpun belum bisa menjamin seseorang itu dikatakan sukses atau gagal, karena pada dasarnya kesuksesan seseorang itu tidak bisa diukur dengan sukses dalam pendidikan formalnya. Lihat, banyak orang sukses disekitar kita yang tidak menyandang gelar pendidikan formal sama sekali, tetapi dia sukses dalam hidupnya, baik secara finansial, spritual, mendidik anak, bermasyarakat, berorganisasi dst... ternyata meskipun dia tidak lulus pendidikan formal tetapi dia lulus dalam ujian hidup dan kehidupan. Hakikatnya siswa yang lulus dan tidal lulus dalam ujian nasional sejatinya itu adalah pusaran ujian hidup dia yang sebenarnya.

SELAMAT ber-Ujian Nasional
SELAMAT ber-Ujian dalam Kehidupan
SELAMAT menyongsong Ujian Sejati
MABRUUK....

Jangan takut dengan ujian apapun kawan, karena rasa takut itu sendiri adalah UJIAN.

1 komentar: